jump to navigation

VR1 Upgrade Cakram Belakang 05/25/2011

Posted by Usud in Viar.
Tags: , , ,
trackback

Brader sekalian, gara-gara kena racun Bro Ashari Sipelaut Bahari yang mengupgrade Apache-nya dengan Cakram Belakang Usud jadi ikut ngiler juga. Cakram yang Usud beli merknya RIDE IT seharga 175 K yang terdiri atas Master, Kaliper 1 Piston, Piringan Cakram dan Adaptor. Untuk spesifikasi yang Usud pakai yaitu Cakram Belakang yang buat Satria 2 tak dengan Adaptor yang buat Velg Supra X125.

Master dan Kaliper RIDE IT

Piringan Cakram Belakang RIDE IT dan Adaptor RIDE IT

Oke, sekarang Usud akan mulai jelaskan bagaimana langkah-langkah pemasangan cakram tersebut dibantu sang mekanik dadakan yaitu Ashari Sipelaut Bahari.

1. Yang pertama mengubah dudukan congkelan master rem seperti dibawah ini. Yang tadinya tuas rem berdiri (Vertikal) di copot lalu dipotong sedikit lalu di las kembali tapi dengan posisi tiduran (Horizontal). Perlu diingat, bahwa jangan terlalu datar, tapi agak turun sedikit kebawah, kira2 15 derajat.

Diubah dari Vertikal menjadi Horisontal

2. Selanjutnya membuat dudukan master rem. Dibuat dengan menempelkan plat yang telah di bor untuk membaut master rem.

Dudukan Master Rem

3. Memasang adaptor ke velg. Buat lubang di velg disesuaikan dengan lubang di adaptor. Lalu baut dengan baut L.

Velg di bor sesuai dg posisi lubang adaptor

4. Lebih mantap kalo disisi sebalik velg dipasang mur.

Dibalik baut L, harus di mur

5. Jika mur tersebut mentok dengan tonjolan gear, bisa di pendekin dikit tonjolan tersebut dengan cara digrinda. Di motor Usud, cuma 1 bagian yang mentok dengan Mur baut L (Lihat gambar dibawah, di tonjolan atas sudah lebih pendek).

Tonjolan Gear Di Gerinda

6. Jangan lupa, karet pengganjal gear juga harus di coak dikit, disesuaikan dengan posisi Mur dari baut L.

Karet Gear di coak, sesuaikan dg posisi Mur

7. Setelah Adaptor terpasang dengan kokoh di velg, maka selanjutanya disk atau piringan cakram dipasang ke adaptor tersebut.

Cakram dipasang ke adaptor

8. Selanjutnya rangkai semua dari mulai Gear, Velg dan dan dudukan Kaliper. Biasanya, diantara Velg dan dudukan kaliper dibuatkan boss. Besar kecilnya disesuakan, karena biasanya beda-beda tiap motor.

Masih menggunakan penyangga Tromol

Cakram belakang Usud belum cukup keren, karena masih menggunakan pegangan tromol ke dudukan kaliper. Barang kali brother sekalian ada yang tau bagaimana jika tanpa menggunakan pegangan ini harus dibuatkan dudukan seperti apa, Usud minta masukannya. Semoga berguna!

Comments»

1. pelautbahari - 05/29/2011

Pertamax…
Bikin dudukan di Adira finance.. alias ganti tunggangan.. qkqkqkqkkqkq..

2. zaqlutv - 05/30/2011

@dokter azhari
pake tormax aja😀 btw masih di darat aja? ngga jadi melaut?

3. Arie Zie - 04/02/2012

ngiler…

pengen bgt pasang di Star CX milik ane…!!!

4. ipanase - 08/29/2012

megison ane kalah😀

Usud - 10/18/2012

Pinter merendah iki..

ipanase - 10/18/2012

masih tromol nih

5. rsaputro - 05/22/2013

healah murah tenan mas bro… beli dimana?? buat vixion kira” sgtu gak ya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: