jump to navigation

Gear Set Kuat Berkat Mbah Mpuh 05/22/2011

Posted by Usud in Viar.
Tags: , ,
trackback

Brother sekalian, waktu berbincang-bincang dengan Kakak Usud, dia memberikan saran, kalo beli gear ga usah yang mahal-mahal. Tapi tapi nanti dibakar, dijamin pasti tambah kuat. Dalam istilah jawa itu nuwani/tua. Bisa bikin Gear jadi tambah kuat, bahkan dibubut pun agak susah.

Mpuh besi yang Usud datengi udah modern, karena sudah tidak menggunakan tenaga manusia lagi untuk bikin hembusan angin. Tapi menggunakan Blower, sehingga prosesnya jauh lebih cepat. Tarif nuwani di daerah Usud tinggal untuk Gear Depan 5 K dan Gear Belakang 10 K. Berikut proses nuwani:

1. Pertama Gear dibakar sampe berwarna merah membara.

2. Setelah Gear berwarna merah membara, selanjutnya di rendam oli bekas. Dalam hitungan detik, biasanya oli langsung mendidih dan terbakar.

3. Setelah api dalam bak oli padam, masukan Gear ke dalam air. Biar cepet adem.

4. Hasilnya Gear jadi Hitam Legam, tapi jangan salah! Tambah kuat loh bro, Insya Allah dijamin, rantai yg putus duluan tapi gear masih mulus.

5. Gear dicat Hitam Doff, jadi tambah terlihat kokoh.

6. Tereeeenggg… Hasilnya, maap kalo motor ane keliatan kotor..

Comments»

1. Zul - 05/26/2011

Bener tuh jadi kuat bro Usud?

2. Usud - 05/26/2011

@Zul
Insya Allah, soalnya pori2 dari Gear ini akan jadi lebih rapat menyatu, sehingga lebih keras. Para Crosser di daerah ane sering bikin Gear kaya gitu. Coba aja dibawa ke tukang bubut. Pasti nangis tuh orang mbubutnya, keras banget..

3. pelautbahari - 05/30/2011

Ilmu warisan si mbah tuh… DI apache ane jg pake… qiqiqiqiq… usud kena racunnya

4. Maimunah Ali - 06/10/2013

Untuk Rantai agar kuat apa juga dibakar lalu dimasukan ke oli?? Apa di godog aja pakai oli..??

5. Sruntulan Rider - 06/27/2013

mosok seh?teori ilmiahe piye?n lg ms produsen gearnya g pny ilmu gini?

bima - 08/16/2015

Ini namanya heat treatment biasa di gunakan utk bahan logam, karena dari di panaskan atom atom yg di logam akan membesar/memuai, sebelum atom sempat mengecil/kembali seperti semula, di dinginkan lah dengan media oli. Air jg bisa utk dinginin.

6. Drago - 01/02/2016

Malah bahaya bro klo gear terlalu kuat,bisa merusak rantai.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: