jump to navigation

VR1 Upgrade Gear Set 15 – 39 04/03/2011

Posted by Usud in Viar.
Tags: ,
trackback

Brother sekalian, setelah satu tahun lebih motor ViaR (VR1) saya genjot akhirnya letoy juga tuh rantai motor beserta gearnya yang mulai lancip. Sering kali terdengar gemricik saat gas dibetot tapi bunyi hilang jika motor sudah jalan. Pas ganti gigi agak menyentak pun tetap terdengar bunyi gemricik. Akhirnya saya putuskan untuk ganti Gear Set. Karena motor saya motor Korea ( inget, bukan Cina loh..), tau sendirilah gimana kualitas motor dan sparepartnya, sehingga saya putuskan untuk ganti pakai punya motor Jepun. Setelah konsultasi dengan montir benkel dikatakan bahwa lubang gear saya besar, sehingga harus pakai sparepart gear belakang Yamaha. Karena hanya motor Yamahalah yang mempunyai lubang gear besar.

Karena VR1 hanya 100 cc sudah tentu tenaganya agak lemot, apalagi kalo pas ditanjakan.. Wah, ngeden pooolll… Saya teringat, waktu masih naik sepeda bergigi dulu, jika gear belakang besar maka tenaga yang kita keluarkan sedikit meskipun jalanan menanjak. Nah, dari situlah akhirnya saya memutuskan untuk menaikan rasio gear belakang dari 36 ke 39 yaitu pake punya gear belakang Jupiter Mx 2009 (Harga : 50 K). Karena naiknya terlalu jauh yaitu 3 mata maka biar mesin ngos-ngosan pas kecepatan tinggi maka gear depan saya naikan dari 14 ke 15 (Harga : 10 K). Jadi selisih naiknya hanya 2 mata, yaitu gear depan naik 1, gear belakang naik 3.

Alhasil performa gimana??? Mantap bro, untuk naik sendirian (BB : 55 Kg) mesin jadi enteng poll… Ga berat untuk mencapai kecepatan 60 Km/J. Untuk sampai ke 80 Km/J juga gampang. Berikut feeling kecepatan tiap gigi:

  • Gigi 1 : 0 – 25 Km/J
  • Gigi 2 : 25 – 45 Km/J
  • Gigi 3 : 45 – 75 Km/J
  • Gigi 4 : 75 – 103 KM/J (Mesin ngeden Poll..)

Mantap, seperti naik motor Jepun.. Ya meskipun tenaganya gak menhentak tapi kecepatan naik bertahap secara pelan-pelan tapi pasti. Buat boncengan juga agak enak Bro, ga terlalu ngeden.. Buat tanjakan juga udah lumayan enteng sedikit dari pada pake gear yang lama. Ternyata, konsep naik sepeda waktu dulu berhasil, dengan gear belakang lebih besar jadi lebih enteng… Hehehe, perasaan saya aja kali yyyyeeee… (pst).

Comments»

1. pelautbahari - 04/22/2011

pertamax.. semakin mencekik leher…

2. Zul - 06/03/2011

Mau saya coba deh..

3. Usud - 06/03/2011

@Zul
Kalo mau naik gear depan 1 dan belakang 3 mungkin topspeed akan turun drastis, tapi kalo bro sering naik turun gunung itu lebih yahud, karena tenaga mesin jadi ga berat. Sekarang Usud lagi nyoba gear depan 15 gear belakang 36 (balik lagi). Ternyata kalo ga boncengan jadi tambah menghentak.. Gigi 3 nyampe 90 kalo dipaksa (Belum tau sih kalo nanti naik gunung, mesin bakal gemilitik apa engga..)

4. Zul - 06/12/2011

Siiip deh bro Usud

5. erik - 01/16/2012

mau nanya ni bro klo belakangnya pake punya mx trs depannya pake punay motor apa? mhn infonya bro..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: