jump to navigation

Impressi 1 Tahun Menunggangi Star CX 03/20/2011

Posted by Usud in Viar.
Tags: , ,
trackback

Brother, udah ga kerasa sudah 1 tahun saya menunggangi Motor Viar Star CX ini. Waktu saya ambil motor ini dulu, tadinya warna Merah-Hitam, tapi bagian hitam sudah saya Scotlight (Skotlet) jadi full merah. Sehingga sekarang tampilan Bodinya Full Merah. Karena ini merupakan sejarah keluarga saya beli yang namanya motor china Viar, maka dengan ini saya akan menyebut tungganan betina merah ini dengan nama VR1 aka ViaR no Wahid aka Satu aka Siji. Berbagai kondisi jalanan mulai dari aspal rusak, mulus, lumpur hujan panas serta naik turunya bukit di gunung Guci, sampai bolak-balik Tegal-Banyumas. Dan berikut penilaian yang bisa saya kemukakan tentang produk Viar ini…

Handling, Motor ini sudah menggunakan stang jepit abal-abal, ya agak racy dikitlah soalnya stang agak menekuk. Utuk zigzag dalam kecepatan tinggi emang agak berat, soalnya mungkin karena sudut rakenya besar sedangkan untuk belokan tajam yang besar cukup setabil. Buat rebah juga agak enak. Tapi sayang, mungkin karena shockbreaker yang terlalu lemes kadang bikin mentul-mentul.

Performa Mesin, Dari hasil gugling2 diketahui bahwa mesin VR1 ini menggunakan mesin Honda Grand kapasitas 97 cm3. Sehingga tenaganya seadanya, cukup nendanglah kalo yang naikin satu orang, beban skitar 60 kgan. Tapi begitu boncengan, beuh, langsung agak berat. Selama pake VR1 kecepatan maksimal yang sudah saya geber sekitar 100 Km/jam. Itu aja, udah nunduk-nunduk, anginnya banyak baget. Ngeri ah, tau sendiri, kondisi jalanan di Indonesia kaya apa.. Selama dari beli sampai sekarang mesin ga ada masalah, ga ada bunyi yang aneh-aneh, lumayan haluslah untuk ukuran Motor Non Jepun.

 

 

 

 

Mileage, Saat ini konsumsi bahan bakar bisa dibilang agak irit, Kenapa? Karena VR1 ini 1 Liter Premium hanya menempuh 54 Km dan 1 Liter Pertamax hanya menempuh 59 Km. Seharusnya dibandingkan dengan merk Jepun yang CCnya 110 aja bisa nyampe 70 Km. Ya lumayanlah.

Saat ini odometer sudah menunjukan Km 15.744,2. Itupun seharusnya sudah lebih dari itu karena sejak motor ini datang sampai sekarang kabel kilometer sudah putus 2 kali. Berarti karang dihitung secara kasar, per enam bulan ganti, ko bisa ya? Apa karena saya terlalu ngebut nyetirnya, atau mungkin karena kualitas kabelnya yang kurang bagus.

Jadi kesimpulannya adalah, dengan harga yang sekitar 10 Jutaan (Kredit) atau 8 Jutaan (Cash)  Motor Viar Star CX ini lumayan buat sekedar mobilitas harian saya, karena dari segi design yang agak jarang dan mesin yang terbilang cukup agak halus.

Oke, itu aja dulu yang saya bahas, semoga bermanfaat (pst).

Comments»

1. PelautBahari - 03/21/2011

Pertamax.. masih tetep gak kebeli gan…

2. pelautbahari - 04/01/2011

Pertamax..
Melasi rak ene sing koment.. :2thumbup

3. Zul - 04/05/2011

Saya ikutan nimbrung neh..saya juga pemakai viar star cx lebih dari satu tahun. Selama ini tidak ada masalah dengan motor ini,tapi akhir2 ini komstir sudah mulai oblak, maklum motor ini selalu menemani saya bekerja ke bekasi sedangkan saya tinggal di bogor. Jadi setiap hari ini motor menempuh kira2 150km kadang lebih. Mengenai konsumsi bbm, menurut saya viar star cx irit…1 liter pertamax untuk 65km dengan pemakaian bervariasi kadang2 full speed(110km/jam yg tertera di speedometer)kadang2 terjebak kemacetan. Bobot tubuh saya 95kg. Sedangkan kalau boncengan dengan istri saya yang beratnya 88kg, motor ini bisa menempuh 54km untuk 1 liter pertamax. Pernah motor ini saya bawa dengan santai, kecepatan tidak lebih dari 40km/jam dan hasilnya 1 liter bisa menempuh 115 km. Kelemahan motor ini menurut saya adalah rantainya berisik kalau saya mengurangi kecepatan. Ada yang punya solusi untuk mengatasinya.O iya, motor saya masih standar pabrik belum ada yang dimodifikasi.

usudblog - 04/07/2011

@Zul
Mantap kalo pake pertamax terus. Menurut saya untuk bobot 95 Kg (maaf) itu irit juga bisa menempuh 65 Km. Atau mungkin hasil saya 59 Km karena pakainya ugal2an, sring betot gas dalem2 ga pelan2.
Untuk masalah rantai, coba brother kencengin dikit. Harus Pas, jangan terlalu kenceng atau terlalu kendor. Soalnya sokbeker belakang terlalu lemas, sehingga kadang freeplay rantai jadi kendor.

4. Zul - 04/08/2011

@Usudblog
Iya neh brother trima kasih atas saran tsb. Memang bener shock belakang lemes apalagi klo boncengan dengan istri jadi ambles. Rencana saya mau ganti shock yang lebih keras, bro punya saran pakai merk apa ya yag bagus? Mengenai konsumsi bbm, saya juga sering betot gas karena jarak ke tempat kerja saya jauh. Klo nyantai bisa telat. Paling boros waktu itu(geber2an) dapat 60km utk 1 liter pertamax. Mungkin klo bobot saya lebih ringan bisa lebih irit tuh…🙂 Sekarang karena harga pertamax semakin mahal ,saya lebih sering mencampur pertamax plus dengan premium dengan perbandingan 1:1 yang hasilnya setara dengan pertamax(RON 92) dan selisihnya lumayan..buat ditabung. Tolong bro saling bagi2 info biar makin mantap tunggangan kita ini….

5. arie - 06/30/2011

@bro usud : ane jg penunggang star CX, pengen share aja .. . star CX ane kokcuma gasspoll 90kpj doank ya?? beda banget ama yg ente semua bilang, ???ada solusi ?

6. Usud - 06/30/2011

@Arie
Punya ane juga sbnernya mentok di 100km/jam lebih dikit..
Aq juga agak penasaran sama punya bro Zul, apa ada kemungkinan lilitan Speedometernya yg lemah atau emg mesinnya bagus. Punya bro kondisi masih standar bro?

7. arie - 07/01/2011

iia bro, masih ori semua , ,apa benar ya bro usud bilang kalo kabel spido rawan?? . . ppunya bro usud sndiri, apa aja yg diganti . .?

8. Usud - 07/01/2011

@Arie
Maksud ane bukan kabelnya speedonya yang rawan. Kalo kabel speedo ane udah ganti 3 X, putus mulu pake yang aslinya. Mending pake punya Yamaha FizR (19K), sampe 8.000Km belum putus nih..
Maksud ane, mungkin lilitan kumparan di speedo itu terlalu lemah. Sehingga putaran kabel speedo akan mengalamami penyimpangan bisa lebih cepat atau lambat. Sejauh ini bro pake oli apa ya? Soalnya pertama Star Cx ane juga cuma mentok di 90Km/Jaman, Coba Pertamina Enduro Racing 4T 1L, pertama pake emang kurang yahud, tapi kalo udah 1.000 Km, motor jadi maknyus…

9. areeya2 - 07/05/2011

wah,,makasi infonyya , ,
kebetulan, tunggangan ane blom ada 1bulan , hhe .
masi pake oli dri viar asli alias merek ” AGIP ” . . .
kalo di bandingin antara Prima XP ama Enduro bagusan mana??
soale Shogun 125 ane,malah yahudd pake Prima XP . . larinya, , ,mak clooroooottt,,hahha . .

10. usudblog - 07/12/2011

@Arreya
Ane juga sekarang lagi nyoba Prima XP.. Enak sih, coz murah banget.. Tp inget Prima XP itu buat mobil, bukan buat motor. Coba aja nanti bandingin ama Enduro Racing.. Setahu ane, material olinya paling bagus loh di Indonesia..

11. arie - 07/19/2011

wah,, kalo masalah oli ane kurang tau , “AWAM”,,hehe

bro,, abis brapa duit tuh pasang cakram blakang ??
punya ane pasang abis total 425 K + footstep underbone,,hehe

12. usudblog - 07/19/2011

@Arie
Abisnya kira2 235rb (1Set Cakram, Baut2, Las dudukan, Bor Velg, Ongkos Lepas Ban).
Fotonya tag di Fb donk.. 1 Set Footstep underbone berapa bro?

13. arie - 07/20/2011

murah banget bro ??
ane aja abis sgtu,,tp uda terima bersih,,hehe
pake kaliper dobel piston merek nissin ,

fb bro usud apa?
ntr ane add aj . . skalian tak tagg , hehe

14. arie - 07/20/2011

murah banget bro ??
ane aja abis sgtu,,tp uda terima bersih,,hehe
pake kaliper dobel piston merek nissin ,

fb bro usud apa?
ntr ane add aj . . skalian tak tagg , hehe

beli yang biasa aj bro.. harga 75 K,
padahal dulu ane beli 70 K,,naik 5 k mgkin,,hhe

kalo mau beli punya mx / x1 r hargane ngeri broo,,1,5 jeti,,haha

15. deni miftah - 08/14/2011

salam kenal mas usud…
saya juga pengguna Viar Star CX, setelah googling nyari2 yg pake CX, akhirnya ketemu blog ini. makasih mas, semua ttg viar di blog ini akan saya jadikan refernsi buat modif motor saya, oya kalo komsteer CX sama dengan motor apa ya? soalnya udah oblag nich, coz jalanan gak rata. thanks mas… SALUUUUT, TOP BGT!!!!!!!

16. usudblog - 08/19/2011

@Deni
Maap ya bro, ane baru sempet bales. Punya ane juga oblag banget, stelah ganti punya Jupiter MX (135 Rb) udah agak mendingan.. Emang sih, mahal banget tapi itu yang asli punya yamaha. Trus jangan lupa, stelah ganti harus bener2 kenceng, kalo bisa sampe seret beloknya baru deh dikendorin dikit. Pastiin baut yang 2 tumpukan itu terkunci.. Insya Allah ane bikin postingannya deh..

17. deni miftah - 09/13/2011

makasih banget bro, wah nambah lagi nich referensinya. bro, ane pernah googling, ada produk yang namanya 9power, udah pernah coba belum? katanya sih bisa nambah akselerasi+lebih irit BBM. oya, boleh minta alamat fb nya dong?

18. areeya2 - 09/14/2011

@bro deni : produk apaan tuh bro ??
kasi pict nya sekalian :

salam PENGGUNA STAR CX

19. krizna - 09/16/2011

kelemahan viar star cx di komstir nya ya?? wah ane harus siap2, soalnya ane mau ngambil ni motor

tlong donk bkin grup viar star cx di fb,

20. areeya2 - 09/20/2011
21. deni miftah - 09/21/2011

@bro areeya2 :aku juga nemu nich produk di FB, untuk lebih jelasnya ini alamatnya http://www.facebook.com/9Power

22. erik - 01/16/2012

salam semuanya..ane baru aja beli nih star cx,soalnya ane suka banget modelnya…ini pertama kalinya ane punya motor non jepang,untuk sementara nih masih nahan bawabya karna baru jalan 100km an..klo dari pengalaman bro semua ni mtr bagus gak..soalnya ane coba2 sih,krn kata orang motor cina yg paling ok ya viar………trs msalah spare partnya gmn nih..di bengkel resminya ada gak ya,krn pas beli sih showroom jamin tp kan ane blm tau jd sm senior2 nih ane minta pencerahan..tq semuanya..

23. adibaseng - 04/17/2012

sy pakai viar vix r 150 setahun msh tetap mulus.cdi dan koil sy pakaiin pny gl neotech ori second 200ribu,busi sy ganti platinum 30ribuan dan sy pasangi motor save (power)120ribu dng biaya2 segitu sudah lumayan tarikan enteng kayak papan seluncur.yg lebih bangga gak kalah sama vixion saat adu geber sama temen buat tes doang

24. Zul - 04/27/2012

@bro Usud : Apa kabar? dah lama gak komen neh…mengenai viar star cx saya masih standar mesinnya cuma kabel speedometer sudah diganti punya jupiter mx(original)
@bro Erik : Salam kenal….saya sudah pakai star cx mulai awal februari 2010 sampai hari ini masih baik2 aja tanpa masalah. Cuma dulu pernah ganti pengapian motor al cdi, kiprok dan sepul karena pernah nerjang banjir yang cukup dalam. Jarak yg ditempuh sudah hampir 27000 km dan mesin masih mantap….. Spare part mesin cocok sama honda supra atau grand, sedangkan yg lain2nya bisa pakai jupiter mx

25. Nicho Lintang - 05/01/2012

salam knal agan2 skalian.. sy udh pke mtor star CX krang lbih 1 stngah thn… sjauh nie utk msin kgak ad msalah.. tp wt klistrikannya lmyan jlek.. lampuny kgak bs trang.. ap prlu dksih booster lampu y?
aku udh gnti kiprok n sepulny.. tp blm jg trang..
trs kra2 klu mtor nie ban blkangny dgnti ukran 100/70 kuat gak y?

26. Nicho Lintang - 05/01/2012

eh,,y lpa.. bwt spion yg dpasang dgmbar mtor pling atas it emang kca goyang y? wktu msin aku nyalain lngsung pd gter smw..
trs agan dlu blinya brp?
thanks…

27. Zul - 07/02/2012

@Nicho Lintang : salam kenal mz bro…mengenai lampu yg kurang terang coba atur dulu sudut sorot lampu,karena motor saya dulu jg begitu.Sinarnya nyebar tdk fokus. Sekarang lampu motor saya lumayan terang. Klo mau lebih terang dan bisa pakai HID projector, ganti dulu pengapian/listrik motor jadi full DC

nicho lintang - 07/02/2012

harga HID projector tu kra2 brp’n y gan?
trz wt tegangan or klstrikanny bwt viar star CX tu kuat kagak?
udh q gnti DC n q pke kiprokny megapro tp klu bwt ngrem dlm keadaan lmpu hdup smw, lmpuny ttp jd redup smentara n klaksonny jd swarany gak knceng..
ad solusi gan?

28. Zul - 07/10/2012

@Nicho Lintang : biasanya klo kelistrikan diubah jadi DC, accu motor harus diganti dengan ampere yg lebih besar. Setahu saya biasanya 6 Ah ke atas + kapasitor bank. Klo di jabodetabek harga lampu HID Rp 350rb s/d Rp 500rb-an (kualitas sdh bagus dan bergaransi) Coba aja mzbro lihat di Kaskus

29. dony - 12/16/2012

salam kenal nich mas bro, saya juga baru pake star cx dah sebulan, nich motr baru nyampe dirumah diperiksa klaksonnya kagk bunyi bongkar sendiri ternyata kabelnya nyangkut ke soket klakson, model lumayan bagus tapi sayang finishingnya krg bgs kabelnya kurang panjang dr bawah stang jadi kelihatan sambungan soket2nya, distandar tengahin mtrnya goyang2 kayak ayunan kuda2, digas rmh lampu dpn darderdor. oh iya punya bro sekln grip gasnya berat nggak ya sama itutu kunci stangnya emang cuma bisa kekiri doang ya kanan nggak bisa? semoga viar dapat memperbaiki produknya.

dony - 12/16/2012

sekedar info nich mtr saya beli di sunter dealernya langsung.

Zul - 01/02/2013

@bro Dony
Salam kenal bro Dony, memang star cx punya saya juga dari baru lampu depan bergetar dan sampai sekarang masih saja bergetar walaupun sudah saya kencangkan baut2nya. Masalah mesin tidak ada masalah cuma untuk kelistrikan gampang bermasalah. Motor saya bulan februari besok genap 3 th menemani saya ke mana-mana.

doni - 02/01/2013

Salam kenal juga maz Zul, saya mau nanya nich apa grip gas punya maz Zul keras juga nggak? apalagi kl dah kena hujan narik gas jadi serat banget, sekalian kasi info dong, dah pernah ganti kabel gas blm? cocoknya pake kabel gas buat motor apa ya? makasih ya sblmnya.

30. Herry s Prihadi - 01/10/2014

salam Saya Mau Share dikit ttg VIAR STAR CX…saya….tahun 2012/06/28….
Awalnya saya ke Showroom mau beli Motor seken Jepun niatnya maren model Blade….ternyata ada yg menarik hati : terlihat oleh saya MOTOR Viar Cantik keren MONO SHOCK trus Model nya Mirip2x JUPITER MX… ( sampai akhirnya saya tahu ini model YAMAHA X1 yg cuma dipasarkan di malysia Philipin dan Thailand, http://fasthaveybikes.blogspot.com/2012/10/yamaha-x1r-latest-pictures-2012.html ) Lihat, Pelototi…terus selidiki Mesin Las-lasan semua OK dan Rapih Jali.. Lihat harga : Kejangkau nih.. buat beli Cash…Akhirnya Langsung Hari itu jg “Cash and carry”….
sebualn-2 bulan-3 Bulan.. MOTOR DISAYANG2X Kinclong terus…. yg mo minjam di Intervie Abis… ;D….
Tapi..ada masalah yang saya rasakan dan sangat mengganggu…:
1st. Tarikan Kabel gas KERAS dan KAKU..padahal panjang kabel tidak lebih panjang dari motor2x bebek lain..solusi sering di minyaki dan ganti Per PISTon Karburator ganti punya supra..lumayan membantu SEDIKIT.
2nd. Kabel kelakson Kependekan hingga sering lepas saat Stang di belokan ke kiri.SOLUSI nya.. ya Kabel saya Sambung lagi aja…skr..dah aman…
3th. GETAR….saya sangat kecewa… kok Motor Baru GEGER/Getar ya.. saat Motor melaju di atas 60 km/jam.. terasa sekali hingga ke maaf…2 telur…berrr rasanya…awalnya saya curiga Masalah ada di mesin mau komplin mekanik juga gak ngerti masalahnya karena baru pada motor saya kejadiannya…Akhirnya saya dapat permasalahnyannya ternyata ada 1 BAUT Dudukan MESIN tepatnya yang di bawah Shock Belakang samping Gear depan yang Tidak Di KUNCI dengan KUAT dan Benar … saya sangat kecewa.. kok Bisa Q.C. Pabrikan Lolos..:(.. terlanjur Lubang Plat baut sudah sedikit Oblak…walau sudah saya Kencangkan Bautnya masih terasa walau sangat berkurang GEGER nya…
……
MINUS : Tarikan Kabel gas KAKU – Seret dan Keras jadinya Suka Ngentak2x… Ada Solusikah teman2x… Hanya Ini keluhan yng ssangat menggangu bagi saya sampai saaat ini..

Oya.. saya baru mo ganti 1 set Sproketnya.. Yang belakang COCOK Pakai Sproket dari motor apa ya??

Thanks..

31. jojo - 11/06/2014

viar star cx mao enak, topspeed full. spull api beli punya honda asli, cdi racing, per klos ganti yg racing, sedangkan kain klos pake standart ori asli, ganti pelak aloy juga ya , tromol depan belakang sama jupiter mx old

32. Fajar - 01/03/2016

Gan tumpang tanya nih, star cx kalo pake footstep underbone psm yg buat new jupiter mx bisa gk yaa? Kalo gk bisa bagusnya pake yg gimana ya?
Mohon petunjuknya.. Makasih


Leave a Reply

