jump to navigation

Tes Oli : Pertamina Enduro 4T Racing SAE 10W 40 05/29/2011

Posted by Usud in Oli.
Tags: ,
trackback

Pertamina Enduro 4T Racing 10W 40

Brader Sekalian, Oli merupakan hal yang penting buat motor. Di ibaratkan kalo motor itu manusia, maka oli itu adalah darahnya. Yang bertugas memperlancar kinerja mesin motor. Tanpa darah, manusia bisa mati, begitu juga dengan motor. Tanpa oli, motor akan mati, tersedak, macet, nyeket, kepanasan dll. Begitu juga jika darah manusia itu kotor, muka bakal penuh jerawat, badan kurang fit. Di motor juga gitu, kalo olinya udah waktunya ganti, tapi belum juga diganti maka motor akan lemot, terasa tak bertenaga. Kurangnya darah manusia juga berakibat badan jadi Lemah, Letih, Lesuh, Lunglai dan Lemas. Motor juga sama, Kurang oli juga akan bikin mesin cepet jebol…

Meskipun Si Jalu Merah adalaha motor bebek tapi oli ga kalah sama motor laki, yaitu sama-sama 1 Liter dan dianjurkan pabrik menggunakan oli SAE 20W 40.Usud sering sekali gonta-ganti oli, maklum belum nemuin yang pas. Soalnya kata orang, oli itu cocok-cocokan (Jiah, koyo luruh bojo wae…).

Parameter yang digunakan adalah berdasarkan Kilometer (Km). Usud akan membagi menjadi 3, yaitu 1.000 Km Pertama, 2.000 Km Kemudian dan Diatas 2.000 Km. Biasanya Usud kalo ganti oli ga pernah lebih dari Km 2.500, rata-rata di Km 2.000 dengan toleransi 10% (Kadang Km 1.800 lebih atau Km 2.200 lebih kalo lagi bokek..Xixixixi)

Berikut Testimoni Usud:

PERTAMINA ENDURO 4T RACING SAE 10W 40 Isi 1 L – Semisintetik (36 K)

1.000 Km Pertama

  1. Starter pagi gampang, sekali pencet langsung nyala/mesin langsung langsam.
  2. Tarikan mesin maknyus..!! Enteng..!!
  3. Oli Spesial, wangi knalpot seperti permen karet.
  4. Suara mesin halus.
  5. Perpindahan gigi halus dan mudah, pada pemakaian mesin lebih dari 2 jam agak kasar.
  6. Mesin cepat panas (Mungkin karena oli encer).

 

2.000 Km Kemudian

  1. Starter tetap gampang.
  2. Rpm mesin cepat naik, wussss lebihenteng..!!
  3. Wangi permen karet mulai hilang.
  4. Suara mesin agak kasar.
  5. Perpindahan gigi mulai terdengar suara “Tek..”.
  6. Mesin lebih cepat panas (Terasa di kaki kalo pakai sandal jepit).
  7. Jadi ga pengin ganti oli/servis dulu. Soalnya tarikan mesin jadi tambah enak
  8. Pas ganti oli, menyusut menjadi kurang lebih 800 Ml.

Agak ngeri juga kalo pake oli encer, karena pada saat penggantian oli di Km 2.ooo oli menyusut jadi 800 Ml. Selalu was-was kalo udah Km segitu..

Kesimpulannya tetap Enduro 4T Racing emang oli Top buat akselarasi mesin, kita untung bangsa untung..

 

About these ads

Comments»

1. pelautbahari - 05/29/2011

Pertamax… ga bisa kebeli…
CMIW enduro cocoknya wat mo Y*M* Bebek deh..
Oli encer bagusnya buat ngedrag…

2. zaqlutv - 05/30/2011

@dokter ashari & usud
pake BZ-Oil.. saat awal emang sempet ngga percaya ama tuh oli, kok encer banget.. tapi ternyata enak je..
bisa ampe 6000km.. :mrgreen:

3. Usud - 05/30/2011

@Zaqlutv
Biasanya MzBro belinya dimana? Yg 1 L brp MzBro?

4. pelautbahari - 05/30/2011

di kaskus ada tuh brader…

5. Usud - 05/31/2011

@pelautmbahari
Emg ada brader, tp dia ga punya yg 1 L.. Udah gitu harus pake OngKir.. Sayang, buat bensin 2L.

6. zaqlutv - 05/31/2011

di kaskus ada –> http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1235134
tapi dia agen culoboyo, ada kok kemasan yg 800ml sama 1L.. jupeZ ama apache aye pake juga kok..
kalo aye mah bisa COD-an :D coba nanti tak tanyain ada agen di Tegal gak..

7. Dismas - 06/14/2011

Reviewnya mantap… konsumsi bbm nya ?

8. Usud - 06/15/2011

@ Dismas
Konsumsi BBM ane stabil banget, ga jalanan naik, turun, rata, jaglug2 atau nyetir ugal2an, safty tetep sama, ga berubah jauh2 dari angka 54,sekian…
Sedangkan Pertamax Plus cuma nambah 5 Km, yaitu sekitar 61,sekian..

9. ipanase - 06/25/2011

ane juga mau pake ah, buat meggi

10. nangke - 08/02/2011

harganya berapa ya, ko ane cek di spbu pertamina oli Enduro 4T Racing 51 ribu…? mahal ga ya

godekairbrush - 10/12/2013

ouwh mak jank…mahal amiiiiirrrrr gan,dah bisa beli 2 btol tu…hahahhaha + Rp.5.000.lgi

godekairbrush - 10/12/2013

terakhir beli enduro racing 37rb…klw yg biasa d bawah 30..

11. Newbie - 08/05/2011

Wih spbu mana tuh sampai 51 rb. Idealnya masih dibawah Rp 35 rb kok

12. usudblog - 08/19/2011

@Nangke,
Jangan beli di SPBU bro, mahal… Ane juga bingung, ko yg jual Pertaminanya malah mahal. Untuk saat ini 18/08/2011 21.00 Enduro Racing 4T 10W40 kisaran di harga 39 Ribuan untuk daerah Tegal, khususnya di kota ane.. Maap ya, yg laennya ga tau, Soalnya harganya emang udah naek, dari 36 Ribuan.

13. wahyu - 10/15/2011

Maksimal bisa berapa KM bro? Lw pake bwt Blade cocok ga?

14. kuti - 10/21/2011

klu oli star x apa yach,?????

15. kuti - 11/01/2011

bro klu pake oli yamalube bisa dag,,….

16. bejo - 12/13/2011

bro, kalo buat supra x 125 enak gak ya?

17. oyek - 12/20/2011

aq juga pakek enduro emang ni oli enak tapi benr kamu juga sih mesin q jadi gampng panas

18. obito - 01/25/2012

mending pakei oli yg kental aaja bro, biar gk cpt menyusut

19. Usud - 02/08/2012

@13 Wahyu
Kalo menurut perhitungan Usud ganti oli ini setiap 2.000 KM aja mzbro, coz ini oli encer. Buat blade cocoklah, malahan mesin Blade mesin generasi anyar yg sunnah pake oli encer.

@18 Obito
Dg Oli kental, Usud kesusahan kalo starter pagi. Belum lagi kurang ngacir.. (Sesuaikan dg kebutuhan saja)

20. bryansastro9 - 03/02/2012

kalau untuk new vega r cocok ga bos

21. sunny - 03/06/2012

Kalian bisa baca brosure

22. mario - 03/09/2012

mario-09/03/2012
kalo untuk honda megapro enduro racing 4T 10w40 cocok g’ bro ?

23. andy - 04/06/2012

kalau satria fu pake enduro racing 4T cocok ga mzbro ????

24. harto@gmail.com - 05/23/2012

brew kalo shogun 110 cocok gak tuh pke enduro 4T racing . . . ???

25. iip Muhtalif (@IipMuhtalif) - 05/28/2012

gw bru pake oli enduro 4T Racing tapi kq gk wangi,, di hawatirkan olinya bkn orsinil,, bnr gk tuh,,,??

26. Barosa - 08/03/2012
27. ipanase - 08/29/2012

ame juga pake, nyosssssssssssssssssssssssssss

28. Aditio Setiawan - 10/07/2012

gak hanya enduro racing, motor gw tiger revo dulu penah pake repsol 20 50 W dan Shell Advance AX 7 juga berkurang olinya apa lagi tiger kalo gak jalan jauh gak enak hehehehe

29. kontraktor spbu|renovasi spbu - 11/20/2012

It’s truly a great and helpful piece of info. I am glad that you just shared this helpful info with us. Please stay us up to date like this. Thank you for sharing.

30. mahfud - 01/16/2013

klu untuk satria fu 150 yg cocok pake oli SAE brapa…???
20W 50 atau 10W 40

31. haritz - 01/24/2013

kalau vario sama beat bisa gak d pakek enduro racing 4T

32. elnino - 04/05/2013

Motor ane supra x125 thn 2006 pake enduro 4t racing..MANTEP..tarikannye enteng..gigi 3 bisa ampe 100km/jam..

33. sdasdasd - 05/02/2013

sekarang harganya udh 45rb , beli di bengkel motor , sama kyk Hi-Perf 4T Sport+ 10W40 TOTAL oli ..wkwkwkkwhahaha ..pertamina untung bangsa b*kek

34. Gugun - 08/03/2013

Ane punya motor yang udah di korek korek. . .
Bagusnya pake oli apaan ya. . .?
Klo pertamina Enduro bagus ga gan. . .?

godekairbrush - 10/12/2013

tergantung korek nya pake ap sekarang gan..klw pake beko,mending beli benzin 1 liter isi d tangki nya terus di bakar… :D
kalau pake cangkul atw skop…oli nya merk 3 roda om…hahahaha

35. oa oasiz - 09/11/2013

tadinya pake oli ahm,mesin halus,tarikan biasa (2000km oli menyusut).krn kpengaruh ama yang pada pake enduro 4t racing,ane ganti.tapi tarikan jadi gemulai,mesin kasar.malah ga enak yak?mtr ane hsx 125 cw 2008

36. godekairbrush - 10/12/2013

lebih bagus lagi pake minyak goreng gan…ajiiibbb
asap nya bau limbah… :P

den mas ogex - 01/16/2014

mas bretzzzz,,,tar kalo udah ditap bsa buat goreng yuazzzzzzzz
multifungsi

37. http://camperduk93.blogspot.com/ - 01/21/2014

oli yang bagus buat motor racing ea enduro racing…

38. aga - 09/29/2014

apa bedanya oli(15W50, 20w40). mana yang lebih kental mana yang lebih encer?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: